Mengalirlah Dengan Tujuan Yang Jelas

Saat ini saya sedang menyiapkan materi motivasi yang akan saya berikan pada adik-adik saya di MTsN Model Babat Lamongan besok tanggal 9 April 2011. Secara pribadi saya merasa belum pantas untuk memberikan ‘ceramah’ motivasi kepada orang lain. Karena saya sendiri merasa belum cukup mengenal kehidupan ini. Saya sendiri juga masih sering down, dan terlebih saya juga belum pantas untuk di sebut sebagai orang sukses yang pantas memberikan motivasi pada orang lain, apalagi nanti pesertanya puluhan sampai ratusan.

Ya… saya hanya merasa belum pantas!

TAPI,

Bukankah menasehatkan kebaikan adalah suatu amanah dari Tuhan? Dan tidak ada syarat resmi & tertulis yang menyatakan bahwa “Hanya orang sukses dan orang suci sajalah yang boleh memberikan nasehat dan motivasi”, tidak ada aturan seperti itu bukan?

So, maka dari itu saya tetap Percaya Diri (baca: PeDe-red) untuk memberikan motivasi dan berbagi kisah hidup yang pernah saya alami kepada adik-adik saya di MTsN Model Babat Lamongan. Jika ada nasehat kebaikan yang akan saya sampaikan nanti belum ada pada diri saya, atau belum pernah saya lakukan, maka saya yakin cepat atau lambat Tuhan akan memaksa saya untuk mengalaminya dan menjadikannya ada pada diri saya. Dan dengan ijin Tuhan, saya siap!

Materi-materi motivasi yang akan saya sampaikan nanti adalah tentang Tujuan Hidup.

Ini karena saya melihat kebanyakan dari teman-teman seusia saya dan lebih tua sedikit dari saya yang kehidupannya tidak jelas dan (menurut pendapat orang) gagal, adalah mereka-mereka yang tidak memiliki Tujuan Hidup dengan jelas. Mereka tidak pernah tahu akan kemana? Bahkan mereka juga tidak tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan. Dengan begitu mereka juga tidak pernah tahu untuk apa sebenarnya yang mereka lakukan selama ini.

Sungguh miris memang kalau saya melihatnya…

Beberapa teman saya yang seorang mahasiswa, yang mereka tahu hanya ‘yang penting cepet lulus kuliah, nilai bagus’. Beberapa teman yang seorang pegawai, yang mereka tahu hanya ‘yang penting kerja, dapat uang’. Beberapa teman yang belum bekerja, yang mereka tahu hanya ‘bagaiman supaya cepat dapat kerja’. Hanya sebatas itu saja!

Padahal kehidupan ini sangat panjang! Berapapun usia kita nanti, kehidupan ini akan terasa sangat panjang. Kita tidak hidup hanya di masa sekarang. Kita pernah hidup di masa lalu, dan yang pasti, kita juga HARUS mengalami masa depan!

Jadi, kalau kita tidak menyiapkan masa depan sekarang, mau kapan lagi kita bersiap-siap ?

Ingat:

“Setiap manusia pasti bertambah tua, tapi tidak setiap manusia bertambah dewasa”, Mario Teguh.

“Dewasa bukanlah tentang usia, tapi dewasa adalah tentang pilihan sikap (tindakan/prilaku).”, Mario Teguh.

“Jika kita tidak tahu mau kemana, maka kita tidak akan pernah sampai kemana-mana.”, Unknown.

Biasanya, orang yang di nasehati agar memiliki tujuan hidup selalu ngeyel begini: “Biarlah hidup saya mengalir apa adanya seperti air…”

Mengalirlah dengan Tujuan yang jelas

Hmm… Bukankah air juga mengalir dengan TUJUAN yang jelas? dari atas ke bawah.

“Jadi, boleh saja anda mengalir dalam kehidupan ini, tapi mengalirlah dengan TUJUAN yang JELAS ! “, Ahmad Siddiq (2011).

Bagaimana? Apakah anda setuju dengan saya? ^_^

Terima kasih sudah berkenan membaca catatan saya.
Salam,

A. Siddiq

23 Comments

  • By Adik mtsn model babat, April 9, 2011 @ 4:04 am

    Kak, kalau tujuan hidup nya tidak di setujui orang tua bagaimana?? Bukan kah tujuan hidup itu datang dari diri sendiri??

    [Reply]

  • By areg matsaba, April 9, 2011 @ 5:38 am

    kak, apakah memilih sekolah harus dari kemauan orang tua..?????
    seandainya saya tidak cocok dengan sekolah pilihan orang tua, apakah saya boleh memilih sekolah laen yang bukan pilihan mereka..
    apakah itu baek buat masa depan saya..???????

    [Reply]

  • By siddiq, April 9, 2011 @ 9:14 am

    @Adik MTsn Model Babat: Memang benar adikku.. Tujuan hidup itu dari diri kita sendiri. Tadi kakak sudah cerita kan kalau dulu kakak g diijinkan bapak utk skolah di Matsaba. Tapi akhirnya kakak bisa dapat ijin dr beliau, itu karena kakak bilang ke bapak TUJUAN kakak sekolah ke Matsaba adlh “utk mempondasi agama kakak”.

    Saran kakak, adik harus berani ngomong ke ortu ttng tujuan adik. Kalau tidak di setujui coba adik tanya alasannya, dan adik renungkan alasan ortu adik, barangkali ada yg bisa adik terima.

    InsyaAllah dalam waktu dekat kakak akan buat catatan tentang TUJUAN HIDUP yang BENAR (menurut kakak), ditunggu ya… ^_^
    makasih dah berkunjung…

    [Reply]

  • By siddiq, April 9, 2011 @ 9:21 am

    @areg matsaba: Tidak harus adiikku… Selama adik bisa memiliki TUJUAN yang jelas dan itu BAIK, maka adik bisa memilih sekolah sendiri. Sampaikan tujuan dan alasan adik memilih sekolah itu ke ortu adik. Minta pendapat mereka, kalau ortu tidak setuju coba tanya alasannya, lalu coba renungkan alasan itu, barangkali ada yg bisa diterima.

    “Masa depan kita akan baik, jika yang kita lakukan hari ini baik”. (Mario Teguh)

    makasih dah berkunjung… ^_^

    [Reply]

  • By siddiq, April 9, 2011 @ 9:31 am

    oya, untuk Adik mtsn model babat & areg matsaba: Saat berbicara dg ortu kita, HARUS dengan penuh ‘kesopanan’ dan ‘kasih sayang’, karena TUJUAN yang BAIK, itu penuh kesantunan dan kasih sayang.

    Kakak juga lupa bilang ke adik2 tadi, kalau adik2 masih ada pada fase “Pencarian Tujuan Hidup”, jadi sering2lah minta pendapat orang tua dan bapak ibu guru. Kakak sendiri terkadang masih sering sharing2 dg ortu & Bu Qonita pas mau mutusin sesuatu…

    Dalam hidup ini kita tidak bisa sendiri, kita butuh ‘mentor / pembimbing’ adikku, makanya kakak masih sering kontak2an dg Bu Qonita agar hidup kakak selalu terarah… Amin…

    [Reply]

  • By areg mtsaba, April 10, 2011 @ 3:04 am

    ehm..
    mkch ea kak..
    atas saranya..

    [Reply]

  • By Liio_Naa, April 10, 2011 @ 4:26 am

    .,Kak kAn Aq PeNgeN BaNGeT Jadii RePortEr TaPii OrTu’KuU MalAhh nyuruh aQ ke pondok…
    .,Bener.nya gak mau?tapii ortu’ku maksa kak
    ,.terus gimana

    [Reply]

  • By Siddiq, April 11, 2011 @ 1:23 am

    @areg mtsba: sama2 adekku.. Moga saran kakak bermanfaat ya, amin… :)
    @Liio_Naa: Cita2 adik BAGUS! :)
    tp pilihan ortu adik jg BAGUS.
    Adikku.. Di pondok tu bkn batasan bagi adik utk jd reporter. Kan dipondok jg ada majalah pondok, iya kan? Atau di sekolah adik nnt jg ada majalah sekolahnya. Nah.. Adik bs bljr & memperdalam skill jurnalis (reporter) di kegiatan itu. Ingat adikku: “Orang yg punya Tujuan akan melihat SOLUSI dlm kesulitan. Dan orang yg tdk punya tujuan akan melihat kesulitan dlm KEMUDAHAN”.

    Adikku.. Turuti permintaan ortu adik dg ikhlas, krn permintaan ortu adik msh sejalan dg tujuan adik. Dan “keikhlasan” adik dlm menjalankannya adalah pintu pembuka kemudahan dr Tuhan. Amin…

    Moga bermanfaat & mkasih dah berkunjung…
    ^_^

    [Reply]

  • By Areg matsaba, April 11, 2011 @ 7:26 am

    .amien ya robbal alamin. . .

    .eh ka ak blg tnx t. .
    .cra bkn website th gmN?
    .hehe. . .:P

    [Reply]

  • By catatanku, April 11, 2011 @ 9:08 am

    @Areg matsaba: hmm.. ini kakak pake wordpress yg diinstal di hsoting & domain kakak sendiri. Mungkin adik bisa browsing di google ttng cara bikin website, banyak kok blog & website yg membahas cara bikin website.

    Kalo yg biasa kakak lakuin secara garis besar ini:
    1. Daftar domain & hosting
    2. Upload / install web di hosting
    3. Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan
    4. Selesai

    maaf cuma bisa kasih itu, krn kalau dibahas disini terlalu banyak. Coba browsing sendiri ya… hhe..
    ^_^
    Siddiq

    [Reply]

  • By areg matsaba, April 12, 2011 @ 10:22 am

    .ehm..
    .ea adex coba dulu kak…
    .skal age mkch ea kak…

    [Reply]

  • By areg matsaba, April 12, 2011 @ 11:03 am

    kak susah banget..
    gk mudeng aku,,…

    [Reply]

  • By Siddiq, April 12, 2011 @ 12:53 pm

    hehehe… tetap SEMANGAT adikku… :)
    hmm,,, mungkin saran kakak adik buat blog dulu di wordpress atau blogspot. Nanti kalau sudah bagus, baru buat web.

    coba klik link di bawah ini dik, ini yang biasa kakak lakuin:

    http://udadhika.wordpress.com/2010/01/22/cara-install-wordpress-di-cpanel-fantastico/

    http://www.5min.com/Video/How-to-Install-WordPress-27-28-or-29-Through-Cpanel-247682597

    [Reply]

  • By Siddiq, April 12, 2011 @ 12:54 pm

    TERUS SEMANGAT ADIKKU…!!!
    ^_^

    [Reply]

  • By areg matsaba, April 13, 2011 @ 2:01 pm

    .oke kak…

    [Reply]

  • By areg matsaba, April 13, 2011 @ 2:03 pm

    hehehe kak..
    fesbug.a pean ap…?????????

    [Reply]

  • By Siddiq, April 14, 2011 @ 10:56 pm

    Itu kakak sudah taruh Badge FB kakak di samping kanan paling bawah..
    di Add ya… ^_^

    [Reply]

  • By Queensha, April 15, 2011 @ 11:18 am

    assalamu’alaikum, kak……
    kak, mw tanya. qw murid matsaba, kak qu bingung banget sekarang, qu pengen ngelanjutin ke smasa lamongan ,tp ortu q pengen nya q sekolah di pondk atau manela tp lbh ke manela, krna kakak q jga di sana, tapi……. qu trauma 1 sekolah sama kakak q, tu pengalamn di matsaba, dulu waktu kakak saya di matsaba, saya sering dibandingkan sama kakak sy, krna kakak sy bs lbh, dr pd saya….. q pengen ortu tw, tp q bingng bilang nya gimana? spy q gag di paksa lagi di manela dan ortu lbh setuju di man jg karna agama nya lbh bnyak dr pd di smasa, dan krna qu jg lbh menonjol ke agama dr pd umum.

    kak, tlg mnt srn nya…… enakya gmn!
    makasih.

    [Reply]

  • By Siddiq, April 15, 2011 @ 12:57 pm

    Waalaikum salam wr. wb.
    Adikku Queensha, saran ortu adik bagus… Pilihan adik juga bagus.

    Kalau adik g suka dg pilihan ortu, sampe’in ke ortunya. Caranya gimana? Caranya ya “sampe’in aja”, sampaikan dg perkataan yg sopan, santun, lemah lembut dan penuh hormat. Sampaikan semua alasan kenapa adik g setuju dg pilihan ortu, sampaikan jg alasan adik knp milih SMASA. InsyaAllah, kalau tujuan adik baik & cara penyampaian adik jg baik, ortu pasti menyetujui pilihan adik.

    Adikku, memang gak enak kalo kita dibanding2kan dg orang lain, gak enak banget. Tapi itu bisa jd motivasi tersendiri bagi kita. Kalau kita gak mau dianggap lebih rendah dr orang lain ya berarti kita harus berusaha (belajar) lebih keras agar kita BISA LEBIH UNGGUL dr orang tersebut.

    Kalau dulu adik trauma karena dibandingkan dg kakak adik, maka nanti adik harus bisa buktikan bahwa adik BISA LEBIH dari kakak adik.
    BISA kan? Pasti BISA, kakak YAKIN itu ! :)

    Mungkin itu aja saran kakak, moga bermanfaat & makasih dah berkunjung…
    ^_^
    Siddiq

    [Reply]

  • By queensha, April 15, 2011 @ 4:20 pm

    Makasih y kak buat saranx..tp mengatakan hal tsbt sgat sulit bagi saya…
    mungkin waktu g ada ortu saya, saya dg mudah mnympaikan hal tsb..
    tp apabila saya sudah brhadapan dg ortu sya, kata kata yg sudah saya susun dg baik,hilang dg sketika………..

    [Reply]

  • By Siddiq, April 15, 2011 @ 4:25 pm

    sama2 adikku…
    hmm… gini aja, coba adik curhat ke Bu Qonita, insyaAllah beliau bisa bantu. Kakak jg masih sering kok curhat ke Bu Qonita.

    Yang pasti,
    Kalau Tujuan adik Baik, Cara yang adik lakukan jg Baik, InsyaAllah hasilnya pasti Baik.

    TERUS SEMANGAT adikku !!!

    ^_^
    Siddiq

    [Reply]

  • By queensha, April 15, 2011 @ 4:48 pm

    makasih banyak kak….
    :)

    [Reply]

  • By Siddiq, April 16, 2011 @ 7:39 pm

    Sama2 adikku… :)
    Semoga kata2 kakak bisa diterima ya dik…
    TERUS SEMANGAT !!!

    (kata tmn kakak bhs Jepang-nya..)

    GANBATE !!!

    ^_^
    Siddiq

    [Reply]

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes