Riset: Pria yang Memiliki Istri Cantik = Pernikahan Bahagia

http://yulianurz.files.wordpress.com/2012/02/akhwat.jpg

Apa resep pernikahan bahagia? Riset terbaru mengungkapkan salah satu kunci memiliki pernikahan yang memuaskan adalah ketika istri berpenampilan menarik.

Riset yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology itu dilakukan oleh psikolog Andrea Meltzer. Andrea melakukan riset terhadap 450 pasangan pengantin baru selama empat tahun. Pertanyaan penelitiannya adalah: apakah suami atau istri cantik atau tampan mempengaruhi kepuasaan pada pernikahan?

Setelah diteliti, jawaban dari pertanyaan itu adalah, pada pria, penampilan atau wajah cantik istri berperan menentukan kepuasaan mereka pada pernikahan. Teori ini hanya berlaku pada pria, tidak untuk wanita.

Meskipun teori di atas tidak berlaku sebaliknya, para istri berpenampilan menarik juga mengaku bahagia dengan pernikahannya. Namun alasan bahagia mereka berbeda. Para istri ini merasa puas dengan pernikahan mereka karena memiliki suami yang juga bahagia.

Hasil riset Andrea ini sejalan dengan penelitian yang pernah dilakukan oleh Benjamin Karney, direktur di Relationship Institute, Universitas California. Riset dilakukan Karney sejak dia masih kuliah di Universitas Florida. Saat itu ada 82 pasangan pengantin baru yang jadi respondennya. Penelitiannya kemudian dilanjutkan ketika dia bergabung dengan Universitas California pada 2007.

Berdasarkan penelitian Karney, ketika wanita berwajah cantik menikah dengan pria yang penampilannya kurang menarik, kemungkinan pasangan itu memiliki pernikahan yang memuaskan menjadi meningkat. “Suami yang penampilannya kurang menarik ini jadi lebih berkomitmen, mereka menginvestasikan diri untuk membahagiakan istri ketika mereka merasa mendapatkan kesepakatan yang juga menarik. Karena bagi pria, kecantikan istri tersebut merupakan bagian dari kesepakatan itu,” ujarnya seperti dikutip Huffington Post.

Hal berbeda ditemukan Karney ketika si pria memiliki wajah tampan, sementara istri mereka berpenampilan kurang menarik. “Para pria ini menjadi tidak terlalu termotivasi untuk membantu istri ketika mereka merasa lebih menarik dari istri mereka,” ucapnya lagi.

 

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2013/11/20/083841/2417818/854/riset-pria-yang-memiliki-istri-cantik–pernikahan-bahagia

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes